Rabu, 26 Januari 2011

HDMI = Kabel Koneksi Standar Masa Depan

  

      Belakangan ini mungkin kita sering mendengar mengenai koneksi HDMI (High-Definition Multimedia Interface). Apa sih itu sebenarnya?
      HDMI adalah sebuah kabel HD untuk menghubungkan beberapa peralatan elektronik mulai dari home entertainment sampai komputer tetapi bedanya HDMI bisa menggantikan fungsi beberapa kabel sekaligus.
     Contoh paling mudahnya seperti ini, bila anda ingin menghubungkan DVD player dengan TV, biasanya minimal anda butuh 2 kabel yaitu kabel untuk audio dan satu lagi kabel untuk video. Dengan HDMI maka kedua kabel tersebut bisa digabungkan menjadi satu sehingga instalasi lebih mudah dan tidak repot.
       Anda yang pernah membeli mesin konsol seperti PS3 dan XBox 360 pasti familiar dengan HDMI. HDMI atau High Definiton Multimedia Interface adalah salah peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri.
Ketika membeli konsol, penjual sering menawarkan anda untuk membeli kabel konektor HDMI. Tawaran pun beragam mulai dari yang murahan hingga yang mahal (premium). Konon, kabel HDMI premium berharga mahal karena menggunakan lapisan emas murni sebagai konduktornya. Emas, dikatakan merupakan logam penghantar listrik yang mumpuni, sehingga kualitas gambar HDMI yang dihasilkan konsol ke layar akan berbeda.
       Namun penyelidikan terbaru dari Digital Foundry (DF) menunjukkan fakta yang mengejutkan. Ternyata, kabel HDMI premium memberikan kualitas yang sama saja dengan kabel HDMI biasa / murah. Bahkan kabel HDMI resmi dari SONY dikatakan tidak perlu memiliki lapisan emas.
Penyebabnya sederhana, hal ini dikarenakan sifat HDMI yang digital. Sehingga kualitas akan terus terjaga karena sifat digital yang “1″ (nyala) dan “0″ (mati).
       Akan tetapi dari hasil tes yang dilakukan oleh DF, ditemukan adanya artifak digital. Artifak adalah distorsi grafis yang menyebabkan gambar pada game yang dimainkan menjadi tidak rata (ini juga ditemukan pada game PC, terutama pada PC yang VGA nya sudah berumur atau mengalami kerusakan).
       Dengan kabel HDMI maka ada beberapa transmisi yang bisa dilakukan yaitu pengganti kabel video, kabel suara/ audio dan terakhir adalah data.
Keberadaan HDMI disini tidak terbatas hanya sebagai kabel serba bisa tetapi juga mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan kabel biasa yaitu:

Kecepatan

Mempunyai kecepatan transfer data sampai 10.2 GB per detik sehingga   akan menghasilkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Komunikasi 2 arah

    HDMI juga mampu berkomunikasi secara 2 arah sehingga antara alat yang satu dengan yang lainnya dapat berinteraksi. Dalam hal ini, misal sebuah HDTV (High Definition TV) dengan DVD Player, singkatnya dapat saling berkomunikasi untuk mendapatkan setting terbaik agar gambar tampil secara optimal.
       Penggunaan kabel HDMI tentu saja tidak bisa digunakan secara langsung karena sebelumnya anda harus memastikan bahwa alat yang anda miliki sudah mendukung koneksi HDMI ini. Tetapi seiring perkembangan teknologi ini sendiri, koneksi HDMI akan menjadi koneksi standar seperti sebuah koneksi USB yang sudah ada di semua komputer.
       Perkembangan terakhir dari teknologi HDMI ini yang ditandai dengan peluncuran HDMI ver. 1.4 yang mampu menjadikan kabel HDMI sebagai  pengganti kabel ethernet.
       Di sini kami menyediakan kabel HDMI standar untuk PS3, XBOX 360, dan DVD full HD dengan harga promo. temen2 semua bisa pesan lewat komentar di posting ini, atau lewat facebook. atau sms/tlpn ke 085722290465 (agung).

Harga HDMI 1m standar Rp 70.000,-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar